Senin, 31 Maret 2014

Cara Mengganti Template Blog

Cara Mengganti Template  BlogApa sih sebenarnya Template Blog itu ? Template Blog atau Website adalah desain-desain halaman blog ataupun website beserta seluruh komponennya (misal : gambar, stylesheet, dsb) baik berupa file statis maupun file dinamis yg berupa program atau aplikasi yg berjalan sebagai aplikasi web. Seperti yg anda lihat saat ini di blog kang Deri, bahwa terlihat tatanan gambar serta tulisan di layar monitor anda, itulah yg dinamakan template. 

Di blogger atau blogspot, anda dapat dapat mengganti template blog anda secara leluasa sesuai dg selera & keinginan masing-masing. Jika anda telah mahir membuat template sendiri, anda dapat menggunakan template tersebut untuk blog anda. Namun, jika anda masih awam dalam membuat template, pihak blogger atau blogspot sendiri telah menyediakan beberapa template yg bisa anda pilih sesuai dengan keinginan. 


Selain itu, anda dapat pula mengunduh atau mendownload template blogger gratis dari penyedia template blogger, salah satu contoh website yg menyediakan template blogger tersebut adalah beralamat di http://btemplates.com/blogger-templates/1-column/ disana terdapat ratusan template blogger yg bisa anda gunakan secara gratis. Namun, jika anda menggunakan template gratis, syarat yg harus ditaati adalah tidak boleh menghapus atau menghilangkan credit link dari pembuat template tersebut. Dengan tidak membuang link credit pembuat template, itu adalah sebagai apresiasi atas kerja keras mereka dalam menyediakan template secara gratis.

Langsung ke topik utama cara memngganti template di blogspot atau blogger ada dua cara, yaitu mengganti template dg yg disediakan blogger, atau mengganti template dg template yg didapat dari penyedia template. Berikut ulasannya :

  1. Silahkan login ke blogger dengan ID anda.
  2. Klik pada nama blog anda
  3. Klik menu Template

4. Klik tombol Sesuaikan


5. Klik pada pilihan template yg tersedia. Selain itu, anda dapat pula memilih background atau gambar latar belakang dari template tersebut. Jika sudah cocok dengan salah satu template,  klik Terapkan ke Blog

6. Selesai


Berikut cara-cara untuk mengganti template dg template dari penyedia template : 
  1. Download terlebih dahulu template yang anda sukai pada website penyedia template blog gratis. Salah satu contoh anda bisa download di http://btemplates.com/blogger-templates/1-column/
  2. File template yg di download, biasanya masih dalam bentuk terkompresi (zip atau rar), oleh karenanya anda perlu mengekstrak atau menguraikan file tersebut dg software ekstraktor seperti WinZip atau WinRar.

3. Yg nantinya di upload atau di unggah ke blogger hanyalah file yang berekstensi .xml
4. Silahkan login ke blogger dg ID anda
5. klik pada nama blog anda
6. Klik menu Template
7. Klik tombol Cadangkan/Pulihkan yang ada dibagian atas kanan monitor.

8.Di sarankan untuk membuat backup terlebih dahulu, klik pada tombol Unduh Template Lengkap.
9. Klik tombol Choose File,  pilih file template yg tadi didownload & telah diekstrak ( file ekstensi .xml saja ). Kemudian klik tombol Unggah


10. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai
11.  Selesai

Kini tampilan blog anda  lebih terasa fresh dibanding sebelumnya 

Selamat Berkreasi sobat... 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tolong Komentarnya Berhubungan dengan Artikel Yang Ada .
Komentar yang Mengarah Ke Tindakan spam
akan di Hapus atau Terjaring Secara Otomatis Oleh Spam Filter.

Hatur Nuhun